Rabu, 15 Juni 2011

Menghidangkan Kopi Nikmat


Cuaca ekstrim yang tidak bersahabat masih terjadi akibat perubahan iklim. Senja sering dihiasi hujan dan angin, walaupun seharusnya sudah musim panas. Ketahanan tubuh menjadi sangat rentan dalam cuaca seperti ini, dimana tubuh gampang sekali terserang flu, batuk pilek dan lain-lain. Untuk menghindari keadaan ini, sebaiknya ketika cuaca seperti itu dari pada terkena hujan dan angin yang dapat menggangu kesehatan alankah lebih enaknya kita tinggal di rumah untuk mencoba menikmatinya.
Ketika sore hujan turun, hal paling nimat untuk dilakukan adalah duduk santai sambil menikmati minuman hangat. Salah satu minuman hangat yang sangat digemari adalah kopi. Aroma kopi sedap yang menguap, bercampur sempurna dengan udara yang lembab. Suasanan tenteram dan nyaman terasa ketika menyesap kopi yang menghangatkan tubuh dari cuaca hujan.
Secangkir kopi akan menjadi minuman yang lebih istimewa apabila disajikan sesuai dengan yang kita inginkan. Bagi pecinta kopi, tentu selalu mengutamakan mutu dan rasa, sehingga menikmati kopi tidak lagi sekedar minuman, tetapi seni penuh cita rasa.
Membuat secangkir kopi yang enak harus memperhatikan beberapa hal berikut:
1. Pilihlah kopi yang segar,yaitu kopi yang baru dibakar dan digiling. Kesegaran kopi hanya dapat bertahan selama satu atau dua minggu jadi hindarilah menyimpan kopi dalam waktu yang lama karena dapat menurunkan kualitas cita rasa kopi
2. Peralatan membuat kopi seperti cangkir dan sendok harus dalam kondisi bersih. Bilas cangkir dengan air panas dan keringkan dengan lap penyerap.
3. Tuangkan satu atau dua sendok the bubuk kopi ke dalam cangkir lalu aduk dengan air panas bersuhu 90-95 derajat celcius. Untuk mendapatkan suhu air ini, diamkan air yang telah mendidih selama satu menit. Air mendidih akan merusak cita rasa kopi, sedangkan air yang kurang panas akan membuat kopi tidak termasak sempurna dan terasa hambar
4. Setelah diaduk, diamkan selama satu sampai dua menit sampai bubuk kopi masak, akan tercium aroma kopi yang segar. Agar tidak merusak rasa asli kopi, gula dan krimmer ditambah kan sesuai selera ke dalam miiinuman kopi hanya paaada saat kopi telah masak.
5. Carilah tempat santai untuk menikmati kopi buatan anda sendiri. Kopi adalah tentang aroma dan rasa, jadi puaskan terlebih dahulu dengan menghirup aromanya sebelum menyesap kopi sedikit demi sedikit.
Rasakan kenikmatan secangkir kopi…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar