Selasa, 26 Juli 2011

Sarapan Pagi, Perlukah?

Tubuh bekerja seperti sebuah mesin, yang setiap hari melakukan kegiatan dan berpacu untuk menopang kehidupan kita. Dan seperti mesin juga, tubuh kita memerlukan bahan bakar yang mampu memberikan energi untuk melakukan aktivitas/pekerjaan sehari-hari secara optimal.

Kebutuhan tubuh kita akan bahan bakar tersebut diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Untuk menjadikan makana sebagai sumber tenaga dan zat-zat lain yang berguba bagi tubuh kita, maka kita harus memperhatikan kandungan nutrisi yang seimbang dan jadwal makan kita yang baik.

Salah satu permasalahan selain asupan/kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan kita, adalah mengenai jam kita makan/jadwal makan kita. Setiap orang tentu memiliki perbedaan jadwal makan, selain faktor budaya, kebiasaan, selera serta kebutuhan makanan tiap orang berbeda. Namun jadwal makan haruslah teratur bagi setiap orang, untuk menghindari berbagai macam penyakit pencernaan.

Dari jadwal makan yang bervariasi tersebut, sarapan pagi adalah jadwal makan rutin yangn seharusnya kita lakukan. Namun kebiasaan sarapan ini sering dilewatkan karena pada pagi hari adalah jam sibuk, terutama bagi yang berada diperkotaan, sehingga akan sarapan secara terburu-buru atau bahkan mungkin malah tidak sempat makan sama sekali karena takut terlambat ditempat kerja.

Sarapan adalah pola makan yang sangat dibutuhkan, karena berguna bagi tubuh. Sarapan membantu melengkapi seperempat kebutuhan gizi dalam sehari bagi tubuh kita. Bahkan sarapan sangat diperlukan karena tubuh tidak mendapatkan suplai gizi dan energi semalaman ketika kita istirahat tidur.

Secara sederhana, sarapan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

- Mensuplai asupan zat gizi yang diperlukan

Asupan gizi yang baik tentu saja didapat dari kualitas menu sarapan yang menyajikan makanan sehat

- Membuat tubuh terasa lebih kuat dan sehat

- Tubuh mampu menunjang konsentrasi selama kita bekerja

Bandingkan apabila kita tidak sarapan, sehingga ketika bekerja akan kelaparan, dan menurunkan konsentrasi serta kinerja kita

- Menurunkan berat badan

Hal ini disebabkan, apabila kita tidak sarapan pagi, tentunya kita akan merasa lapar beberapa saat kemudian. Untuk menghilangkan rasa lapar ini, kita justru mengemil makanan kecil atau snack yang sering tidak bagus bagi tubuh, dan tanpa sadar kita mengkonsumsi makanan kecil tersebut melebihi kebutuhan makanan kita yang sebenarnya. Ingat, makanan kecil seringkali dirasa tidak ‘mengenyangkan’.

Penelitian di AS pun menunjukan bahwa mereka yang tidak sarapan memiliki kecenderungan empat kali lebih gemuk.

- Memiliki jadwal makan yang teratur menghindarkan kita dari resiko timbulnya penyakit

Marilah meluangkan waktu sejenak untuk melakukan sarapan dipagi hari, dengan menu sehat yang cocok di pagi hari. Lengkapilah dengan segelas jus, susu atau secangkir teh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar